13 ODGJ Bebas Pasung

Foto : Ist For Pagaralam Pos
RAWAT : Salah satu ODGJ lepas pasung yang sedang lakukam perawatan, Kamis (14/3).

PAGARALAM POS, Lahat – Kepala Dinas Kesehatan Lahat, dr H Rasyidi Amri MT MKM, melalui Kasi PTM, Keswa dan NAPZA, Farlian Fadran membeberkan, untuk Kabupaten Lahat ada sekitar 56 pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dipasung. Namun ada 13 pasien ODGJ sudah lepas dari pasung. “Persis diergantian tahun 2019, ada dua yang bebas pasung. Tapi ada temuan lagi, dua warga di Kecamatan Sukamerindu dan Jarai, yang terpaksa dipasung,” bebernya, Kamis (14/3).




Farlian Fadran menjelaskan, kendati sudah bebas pasung 13 ODGJ tersebut tetap dilakukan pemberian obat. Selain itu petugas Puskesmas juga memberikan edukasi, agar pihak keluarga tidak menjauhi pasien tersebut. Anggota keluarga harus bisa merawatnya, terutama segi kebersihan diri, diajak bicara, dan berolahraga. “Pasien ODGJ ini jangan dihindari oleh anggota keluarga. Agar pasien tidak merasa dikucilkan di masyarakat,” jelasnya.




Seperti yang diutarakan dr Ica Faramitri, Kepala Puskesmas Jarai. Salah satu pasien yang mulai bebas pasung, ialah ID, warga Kecamatan Jarai. Sebelumnya ID mengalami halusinasi selama 2 tahun, sehingga dipasung keluarga di dalam gubuk kecil. Namun sejak 6 bulan terakhir gejala halusinasinya berkurang, dan sudah mulai berinteraksi. Sehingga pasungnya dilepas.




“Meskipun sudah tidak dipasung, pasien sementara dibiarkan dulu didalan rumah, dan dipantau gerak geriknya. Jangan sampai nanti tiba-tiba kumat dan mengamuk. Peran keluarga sangat penting untuk kesembuhan pasien,” tuturnya. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.