Akses Jalan Provinsi Tertutup Longsor

Foto : Adi/Pagaralam Pos
LONGSOR : Sejumlah warga dan pelajar sedang berjalan kaki menelusuri titik longsor yang menutup badan jalan lintas provinsi di Kabupaten Empat Lawang, Kemarin.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Longsor kembali menutup badan jalan lintas Provinsi di Kabupaten Empat Lawang. Kali ini titik longsor terjadi di Desa Ulang Dabuk Kecamatan Talang Padang, membuat akses jalan peghubung Tebing Tinggi – Talang Padang, tidak bisa dilalui kendaraan jenis apapun, Kamis (14/3).




Informasi yang berhasil dihimpun, titik longsor berada di sekitar simpang Jalan air terjun Batu Betiang, atau sekitar 400 meter dari Desa Ulak Dabuk perbatasan antara Desa Ulak Dabuk dengan Desa Remantai. Tidak dilaporkan adanya korban jiwa, namun jalan penghubung antara Ibukota Kabupaten Empat Lawang dengan sejumlah Kecamatan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, sempat tidak bisa dilalui. “Tadi (kemarin, red), sekitar pukul 11.30 WIB, sudah ada alat berat ke lokasi longsor. Mudah-mudahan jalan kembali dapat dilalui,” kata Kades Ulak Dabuk Kecamatan Talang Padang, Kasmir.




Kejadian longsor sebut dia, terjadi pada Rabu malam (13/3) sekitar jam 20.00 WIB, akibat hujan lebat. Di lokasi juga jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak sampai menelan korban jiwa. “Kejadiannya sudah lebih dari 12 jam lalu. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” ujarnya.




Lebih lanjut dikatakannya, longsor dititik yang sama memang sering terjadi. Ini akibat tanah di lokasi itu tidak stabil. Sementara jika ditanami pepohonan untuk mencegah longsor tidak juga bisa dilakukan oleh pihaknya selama ini karena struktur tanah bernapal. “Tahun (2019) ini saja sudah dua kali. Tanahnya memang labil dan sangat rawan longsor,” cetusnya.




Menurut Kasmir, kejadian longsor tidak hanya menghambat aktifitas warga, namun juga mengganggu aktifitas Ibu-ibu PKK dari Kecamatan Talang Padang, yang hendak menghadiri kegiatan di Ibukota Kabupaten Empat Lawang. “Rombongan ibu-ibu PKK dari Kecamatan Talang Padang, terpaksa menghentikan kemdaraan mereka di wilayah Desa Remantai. Selanjutnya saya jemput dari sisi sebelah longsor, untuk mengnatar mereka ke Tebing Tinggi,” katanya.




Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, Muhammad Taufik menyebut, saat ini pihaknya sedang berupaya mendatangkan alat berat, untuk membersihkan material longsor di lokasi kejadian. “Lokasi longsor di antara Desa Remantai dengan Desa Ulak Dabuk. Saat ini kami sedang berupaya membersihkan material longsor,” sebutnya.




Pihaknya menyarankan agar pengendara yang hendak ke Kecamatan Talang Padang, Pendopo, Sikap Dalam Ulu Musi, Pasemah Air Keruh dan sekitarnya, jika ingin melalui Jalan Kecamatan Talang Padang, untuk sementara agar mencari jalan alternatif. Karena hingga saat ini, pukul 11.30 WIB material sedang diupayakan agar dibersihkan. “Mudah-mudahan siang ini jalan sudah bisa dilalui,” harapnya. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.