Permintaan Tinggi, Penyulingan Minyak Serai Wangi Usaha Menjanjikan

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
SERAI WANGI: Anggota TP-PKK Kota Pagaralam memperkenalkan produk lokal Dusun Rimba Candi, berupa minyak serai wangi.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah merupakan salahsatu Kelurahan, yang memiliki produk unggulan, berupa penyulingan serai wangi, yang begitu menjanjikan dan memiliki nilai eknomis yang tinggi.




Melihat hal itu, Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH sangat mengapresiasi sekali hal tersebut. “Penyulingan serai wangi tergolong baru dan lumayan menjanjikan, serta memiliki nilai ekonomis tinggi, kita tentu bangga akan hal itu,” terang Kak Pian.




Kak Pian menyebut, jika serai wangi salahsatu jenis tanaman alang-alang, yang paling mudah dan gampang tumbuh, terlebih lagi kultur tanah Pagaralam yang subur. “Umur 6 bulan sudah bisa di panen, jarak panen berikutnya 2 bulan, dalam 1 hektar lahan serai wangi itu, bisa menghasilkan kurang lebih 10 ton, jadi bila dikalikan Rp1.000 dalam 1kali panen bisa Rp10 juta sekali panen, usaha penyulingan minyak serai wangi sangatalah menjanjikan,” pungkasnya.




Kosim, salah seorang pengrajin serai wangi menuturkan, bahwa serai wangi ini dulunya sempat di pandang sebelah mata, bahkan masyarakat tidak ada yang mau membudidayakan. Namun, sekarang ini petani sudah mulai banyak melirik usaha ini, kebanyakan pula petani membeli bibit serai wangi G2 disini.




“Awalnya, saya itu hanya ¼ hektar saja, mencoba membudidayakan serai wangi di Dusun Rimba Candi ini, tapi lambat laun hingga sekarang, alhamdulillah sudah mencapai 200 hektar, petani yang telah membudidayakan serai wangi,” terang Kosim.




Diakui Kosim, sekarang ini perkembangan ataupun pembudidayaan serai wangi cukup pesat. Produk minyak serai wangi hasil penyulingan, cukup banyak pula peminatnya, mulai dari Bandung yang masuk ke PT Malang Agro Wangi, Lubuklinggau maupun Palembang.




“Sudah banyak yang mengambil produk minyak serai wangi, dalam hitungan Minggu ada sekitar 200 – 400 botol serai wangi terjual, selaku petani dan produksi kita berharap, ada bantuan alat sulingan minyak dari stanless, termasuk juga pembinaan kepada petani, sehingga jangan sampai nganggur, karena bila kita bekerja terus dan dapat penghasilan, yang namanya pengangguran akan terus berkurang di Dusun Rimba Candi,” tegasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.