Angka Prevalensi Narkoba Tinggi

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
BERITA ACARA: Kepala BNN Pagaralam Andi Kurniawan menyerahkan berita acara kepada Camat Pagaralam Selatan M Helmi, sebagai bentuk komitmen pencegahan bahaya Narkoba.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan BNN bekerjasama dengan Puslitkes UI tahun 2017. Angka prevalensi penyalahguna Narkoba di Indonesia telah mencapai 1,77% atau sekitar 3.376.115 juta orang dari total populasi penduduk (berusia 10 – 59 tahun).




Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia darurat Narkoba ! demikian disampaikan Kepala BNN Kota Pagaralam Andi Kurniawan SSos, saat mengisi materi giat rapat koordinasi program pemberdayaan masyrakat anti Narkoba di lingkungan masyarakat, kemarin.




Dikatakan Andi, Desa/Kelurahan menjadi wilayah strategis, untuk jalur penyelundupan dan penyebaran penyalahgunaan serta peredaran gelap Narkoba, maka Desa/Kelurahan harus menjadi garda terdepan, untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.




“Makanya, Desa/Kelurahan harus ambil bagian perangi Narkoba. Keterlibatan pemerintah Desa/Kelurahan dalam memerangi Narkoba melalui pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, menjadi sebuah strategi yang tepat, karena desa sebagaimana diatur dalam Undang-undang No.6 tahun 2014, mempunyai kewenangan dalam membina masyarakat desa, untuk berhak mendapatkan pengayoman serta perlindungan dari gangguan ketentraman dan ketertiban di Desa, agar terciptanya situasi yang aman, nyaman dan tentram di desa,” tegasnya.




Beranjak dari hal itu, tambah Andi, membangun langkah bersama dalam pelaksanaan pencegahan bahaya penyalahgunaan Narkoba oleh warga masyarakat, yang ada di Desa/Kelurahan menjadi hal yang sangat penting dilakukan. “Karena kurangnya pemahaman dikalangan warga masyarakat Desa/Kelurahan, sehingga perlu digelorakan secara terus menerus, dengan semboyan Desa/Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba). Marilah, kita bersama-sama bisa mewujudkan Kelurahan Bersinar di Kota Pagaralam,” imbuhnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.