Sanimas Ciptakan Sanitasi Sehat

Foto: ist
SANITASI: Sosialisasi Sanimas yang dilakukan DPKPP di Ponpes Darul Muttaqien, Dusun Tanjung Menang, Kecamatan Dempo Selatan, kemarin.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Mengatasi yang persoalan sanitasi, tahun ini disejumlah wilayah Kota Pagaralam akan dimasuki program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) melalui suntikan pusat, dana alokasi khusus (DAK). Hal ini dibenarkan oleh Pjs Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Pagaralam, A Parliansyah ST MM melalui Kabid Kawasan Pemukiman, Deni ST kepada Pagaralam Pos, kemarin (11/4).

“Saat ini sudah berjalan tahapan sosialisasi kepada masyarakat dibeberapa lokasi,” ujar Deni. Dalam pembangunan fasilitas untuk penyehatan lingkungan permukiman ini, berkonsep pemberdayaan masyarakat. Maksudnya, menjadikan masyarakat aktor utama dalam proses perencanaan, pembangunan, operasional dan pemeliharaan fasilitas sanitasi. Yang pada akhirnya, agar fasilitas yang terbangun dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

“Beberapa item kegiatan yang akan dibangun dalam program Sanimas ini diantaranya, MCK, instalasi pembuangan air limbah (Ipal) Komunal dan TPS 3R, yang dibangun tidak hanya di kawasan pedesaan juga di pemukiman kota (padat, red),” beber dia seraya mengatakan dalam waktu dekat pelaksanaannya segera dilakukan.

Lanjut, Deni, semisal pembangunan MCK plus di dua lokasi pesantren (Darul Muttaqien dan STIT, red). Dam pembangunan Ipal Komunal di lima lokasi diantaranya, Nendagung, Tebat Giri, Beringin Jaya, Bangun Jaya, dan Muara Siban.

Yang jelas, pada pelaksanaanya pemerintah daerah melalui DPKPP berperan turut memfasilitasi dan melakukan pendampingan melalui tim fasilitator di lapangan.

Salahsatu kegiatan pembangunan MCK di lokasi pesantren diharapkan bisa membantu para santri untuk melakukan aktifitasnya sehari hari. dan jangan sampai melakukan BAB diluar. “Karena kondisi sarana MCK yang saat ini belum memadai, melalui program sanimas ini ditambah lagi, untuk santri perempuan dan laki-laku,” katanya.

Yang jelas, melalui program Sanimas ini juga memwujudkan Program 100-0-100. Maksudnya adalah 100 persen tersedianya akses air minum untuk masyarakat, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen terciptanya sanitasi lingkungan yang baik.

“Kita harapkan kedepan, di Pagaralam terciptanya akses air bersih, kawasan kumuh bisa ditanggulangi hingga terciptanya sanitasi lingkungan yang baik di masyarakat,” pungkasnya. (06)

You can leave a response, or trackback from your own site.