Petahana Bakal Terpental, Kursi DPRD Diisi Wajah Baru

Foto: Ist
Gedung Kantor DPRD Kota Pagaralam

PAGARALAM POS, Pagaralam – Menyandang status petahana, bukanlah jaminan bagi calon anggota legislatif (Caleg) Pagaralam bakal menang lagi. Sejarah menunjukkan bahwa Pileg di Pagaralam dari tahun ke tahun menghasilkan wajah-wajah baru untuk duduk di kursi DPRD.




Kasno Fandri Tohari yakin sekali bakal terpilih lagi di Pileg 2019 ini. Politisi PKPI yang karib disapa Fandri Ikan memang sudah menjadi anggota DPRD untuk periode 2014-2019. Pada Pileg 2019 ini, Fandri tetap maju di Dapil Pagaralam Utara, seperti lima tahun lalu. “Karena selama lima tahun ini, yang saya tunjukkan kepada masyarakat adalah kinerja,” ujar Fandri, dihubungi Pagaralam Pos, Minggu (14/4).




Menurut Fandri, dengan kinerja itu, masyarakat sudah bisa menilai. Bahwa selama menjabat sebagai anggota dewan, aku dia, dirinya benar-benar telah bekerja. Karena itulah, ia yakin masyarakat akan tetap memilih dirinya. “Saya tidak pernah memberikan janji kepada masyarakat,” imbuh Fandri.




Toh Fandri mengakui, status petahana bukanlah jaminan, seseorang bisa terpilih lagi untuk lima tahun ke depan. Bisa saja petahana tak terpilih lagi. Semuanya kembali kepada masyarakat. “Kalau masyarakat percaya, ya pasti dipilih lagi,” katanya.




Akbar Zambrullah, seorang Caleg anyar dari PPP Dapil Pagaralam Selatan tak takut berhadapan dengan Caleg petahana. Menurut dia, tidak ada yang bisa menjamin petahana bisa terpilih lagi. Karenanya Caleg baru lanjut dia, memiliki peluang untuk dapat duduk di kursi dewan. “Kalau kita lihat (di lapangan), masyarakat justru ingin ada pergantian dewan,” ujarnya dihubungi terpisah.

Sejarah Pileg

Fandri bisa saja bertahan dan Akbar tak terpilih. Atau sebaliknya Fandri terpental, dan Akbar terpilih. Yang paling tepat adalah membandingkan sejarah Pileg. Pada Pileg 2014 lalu, dari 25 Caleg terpilih untuk periode 2014-2019, 15 orang di antaranya adalah wajah baru.




Ini artinya, hanya 10 orang lama yang terpilih. Pun Pileg 2009 menunjukkan, tak semua Caleg petahana kembali terpilih untuk periode 2009-2014. Karenanya, pada Pileg 2019 kali ini pun, tidak menutup kemungkinan sejarah kembali terulang.




“Caleg petahana maupun baru memiliki peluang sama (untuk menang). Belum tentu petahana akan menang lagi,” ujar Pengamat politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr Ardiyan Saptawan MSi, saat dimintai pendapatnya mengenai hasil Pileg dari tahun ke tahun di Pagaralam. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply