Peringatan Kartini, Konsisten Perjuangkan Gender

Foto: Madhon/Pagaralam Pos
HIKING MASSAL: Walikota Pagaralam Alpian Maskoni angkat bendera start, tanda dimulainya giat hiking massal diadakan GOW Kota Pagaralam di peringatan Hari Kartini ke-140 tahun.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Peringatan Hari Kartini tentulah bukanya sebatas secara seremonial semata, serta sebatas penggunaan sanggul dan kebaya bagi perempuan Indonesia.




Lebih dari itu, peringatan Hari Kartini sudah selayaknya berkaitan langsung dan tegas, dengan kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki, demikian dikatakan Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH, dalam kesempatan membuka giat senam dan hiking massal yang diadakan anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Pagaralam, belum lama ini.




Menurut Kak Pian, tujuan peringatan Hari Kartini adalah untuk memperingati dan juga menghormati perjuangan RA Kartini, untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern, yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan kesetaraan gender di semua bidang secara umum.




“Perayaan ini selayaknya mengandung makna mendalam, mengenai emasipasi perempuan dan mengingatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, untuk terus konsisten memperjuangkan keadilan gender,” terangnya.
Lebih lanjut Kak Pian menyebut, peringatan Hari Kartini juga sebagai momen untuk memperkuat dan memperluas pemberdayaan perempuan Indonesia, memperkuat advokasi dan aksi nyata, dalam peningkatan kualitas pendidikan formal dan peningkatan kualitas hidup perempuan.




Selain itu, peringatan Hari Kartini pun bisa dijadikan sebagai hari, untuk mendorong kesadaran laki-laki, untuk aktif terlibat dalam mewujudkan keadilan gender, terakhir sebagai hari memperkuat penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, serta perdagangan orang di bumi Indonesia.




“Perempuan memiliki potensi sangat besar, untuk ikut berpartisipasi dalam mengontrol dan memberikan manfaat, pada pembangunan daerah terutama dalam peningkatan kualitas secara non fisik, baik itu dalam segi pendidikan, kesehatan serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak,” tandasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.