Sekali Mencoba, Jadi Budak Narkoba Seumur Hidup

Januari – April 2019, Polres Tangani 22 Kasus Narkotika

PAGARALAM POS, Pagaralam – Penyalahgunaan narkotika saat ini telah merambah ke desa-desa dan ke semua lapisan masyarakat. Karena itu pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap Narkoba tidak cukup hanya dengan penindakan atau penegakan hukum saja, melainkan harus diikuti dengan upaya preemtif, preventif melalui penyuluhan tentang bahaya Narkoba kepada masyarakat.




Demikian disampaikan Kapolres Pagaralam, AKBP Tri Saksono Puspo Aji SIk MSi, dalam giat rapat koordinasi pencegahan Narkoba di lingkungan pemerintah, yang dilaksanakan BNN Kota Pagaralam, bertempat di Hotel Favour Jl Simpang Manna, Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pagaralam Selatan, belum lama ini. “Narkoba menjadi darurat Nasional yang perlu tindakan tegas, dengan memerintahkan hukuman berat, bahkan hukuman mati. Kita harus menggelorakan kegiatan anti Narkoba,” tegas Tri Saksono.




Lebih lanjut Tri Saksono menyebut, berdasarkan perbandingan kasus Narkoba yang ditangani Polres Pagaralam, yakni di tahun 2017 lalu ada 30 kasus Narkotika dengan 44 orang tersangka, sedangkan di tahun 2018 sedikit mengalami penurunan menjadi 26 kasus untuk Narkotika, dengan 44 orang tersangka. “Terhitung Januari hingga April 2019 lalu, kita berhasil mengungkap 16 kasus Narkotika dengan 22 tersangka,” ucapnya.




Mengenai dampak penyalahgunaan narkotika sendiri, tambah Tri Saksono, menyerang kepribadian, yakni menyembunyikan tindakan, berpura-pura, berbohong, menipu, ingkar janji. Terhadap kesehatan tubuh, bisa infeksi paru-paru/jantung, hepatitis C, B dan HIV/AIDS, impotensi, menimbulkan kecacatan pada bayi, serta sakaw (putus obat, red) yang memiliki gejala bola mata mengecil, hidung dan mata berair, bersin-bersin, diare, nyeri otot tulang dan persendian.




“Jalan terbaik menghadapi Narkotika adalah dengan tidak mencobanya sama sekali. Sekali ketagihan, akibatnya secara kejiwaan, tidak akan hilang seumur hidup. Sekali mencoba Narkotika akibatnya menjadi budaknya seumur hidup. Mari kita gelorakan lagi kegiatan anti Narkoba,” pungkasnya. (09/CE-V)

You can leave a response, or trackback from your own site.