Pasar Kalangan Geliatkan Roda Perekonomian

PAGARALAM POS, Pagaralam – Menggeliatkan sector perekonomian juga difokuskan hingga ke pelosok, yakni pasar sebagai salahsatu sarana pendukungnya. Demikian juga yang dilakukan Pemkot Pagaralam, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Pagaralam dalam waktu dekat ini.




Pjs Kadisprindagkop UKM Kota Pagaralam, Gindo Simajuntak melalui Kabid Perdagangan Fitra Adriansyah mengatakan, untuk mendongkrak perekonomian bagi masyarakat yang jangkauannya diluar wilayah perkotaan segera dibangun pasar. “Dalam waktu dekat di tahun ini, melalui suntikan dana Kementrian Perdagangan RI, Pagaralam dibantu dana untuk pembangunan pasar kalangan yang berstandar tradisional modern,” ujar Fitra, kepada Pagaralam Pos, kemarin (14/5).




Bantuan pembangunan pasar berstandar tradisional modern di maksud berlokasi di Kelurahan Bumi Agung , Kecamatan Dempo Utara. “Saat ini masih persiapan proses lelang, dana pembangunannya dengan kontrak sekitar 4 Miliar,” tambah dia.




Fitra juga berharap, adanya pasar kalangan yang dibangun tersebut, diharapkan dapat membantu kalangan petani sayuran ataupun kopi serta pedagang lainnya. “Sebab, tak sedikit petani disana menjual hasil perkebunan dan pertaniannnya ke kota atau di Terminal Nendagung. Dengan demikian paling tidak adanya pasar tersebut nantinya menjadi tempat penampungan untuk dijual,” katanya.




Dengan demikian, paling tidak bisa menekan ongkos angkut hasil komoditinya, lanjut dia lagi. Bagaimana dengan sarana pendukung atau fasilitas yang akan dibangun? Sama halnya dengan sarana pendukung sejumlah pasar kalangan yang ada sebelumnya seperti di Dusun Bandar, Kecamatan Dempo Selatan ataupun Talang Darat.




“Pasar dimaksud diperkirakan sedikitnya bisa menampung 250 pedagang. Selain itu akan difasilitasi bangunan kios, loss-los pedagang.

Lainnya, dilengkapi dengan kantor pengelolaan, musalla, toilet, pos keamanan, lapangan parkir, isntalasi air, dan lainnya,” ujar dia seraya mengatakan diperkirakan sekitar Juli pengerjaan fisiknya sudah jalan.(06)

You can leave a response, or trackback from your own site.