Ternak Berkeliaran di Pinggir Jalan

Foto: Pidi/Pagaralam Pos
BEBAS: Beberapa ekor sapi nampak memakan rumput di tepi jalan menuju Gunung Gare, Senin lalu (13/5).

PAGARALAM POS, Pagaralam– Rupanya masih ada penduduk yang melepasliarkan hewan ternaknya di pinggir jalan. Dampaknya aktivitas pengguna jalan menjadi terganggu.Pantauan Pagaralam Pos Senin lalu (13/5) lalu misalnya di tepi jalan menuju kompleks perkantoran Gunung Gare Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara. Beberapa ekor sapi nampak berkerumkun di pinggir jalan untuk memakan rumput. Pengguna jalan pun terpaksa mengurangi kecepatan ketika mendekati kerumunan ini.




Adi (30), salahseorang pengguna jalan mengaku kerumunan ternak itu membuat dirinya terpaksa mengurangi kecapatan kendaraan. Dia khawatir, ternak tersebut tiba-tiba menyebrang jalan. “Ternak harusnya ditaruh di kandang,”ujarnya.




Saat dimintai pendapatnya mengenai kondisi itu kemarin (14/5), Camat Dempo Utara Vivi Anggraini SSTP MSi menghimbau kepada pemilik hewan ternak untuk tidak melepaskan ternaknya di pinggir jalan. Pihak kecamatan kata Vivi, juga akan berkoordinasi denga Satpol PP. “Karena dulu ada peraturan yang mengatur tentang itu (larangan melepakan ternak di pinggir jalan),”terang Vivi.




Selanjutnya nanti pihak kecamatan akan mengkoordinasikan dengan Satpol PP untuk memasang spanduk dan surat himbauan kepada masyarakat. Dengan demikian, larangan ini semakin diketahui secara lebih luas. Pada akhirnya, tidak ada lagi ternak yang dibiarkan bebas di pinggir jalan.(11)

You can leave a response, or trackback from your own site.