Disperindagkop Temukan Cendol Pink Mengandung Rhodamin B

Foto: Ist/Pagaralam Pos
AMBIL SAMPLE: Petugas Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam uji sample Makmin, yang dijual pedagang di bulan suci Ramadhan.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Dalam giat pengawasan rutin, terhadap Makanan dan Minuman (Makmin) dijual pedagang, petugas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam menemukan jajanan makanan mengandung bahan berbahaya jenis Rhomadin B.




“Ya, hasil pengawasan terhadap Makmin, yang dijual pedagang, kita menemukan ada 1 jenis makanan, berupa cendol pink yang positif mengandung bahan berhaya Rhodamin B,” terang Plt Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam Gindo Simanjuntak SSt MM melalui Kabid Perdagangan Fitra Adriansyah AP MSi, kemarin.




Makanan cendol pink yang mengandung Rhodamin B, kata Fitra, diketahui pihaknya setelah petugas Disperindagkop yang sudah terlatih dari BPOM, yakni Dita Rahayu ST dan Fetty Tranahita SE melakukan pengambilan uji sample, dengan menggunakan alat tes kid, terhadap Makmin cendol, mie kuning, dawat, mutiara, cincau dan lainnya.




“Kalau sepintas cendol pink yang mengandung Rhodamin B, terlihat lebih cerah dan jauh berbeda bila menggunakan pasta, warnanya terlihat lebih lembut. Jenis ini (Rhodamin B, red) adalah salsahsatu zat pewarna sintetis, yang digunakan industri tekstil, sehingga bisa berdampak buruk terhadap kesehatan, bila digunakan terhadap jenis makanan, bisa memicu penyakit kanker,” ungkapnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.