Atasi Lonjakan Harga, Disperindagkop 3 Hari Gelar Pasar Murah

Foto: dok/Pagaralam Pos
SEMBAKO: Sejumlah masyarakat antre tukar kupon untuk mendapatkan Sembako murah yang digelar Disperindagkop UKM dan PP dalam giat pasar murah.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Pasar Murah di Tiga Kecamatan se-Kota Pagaralam, akan digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam sepekan jelang terakhir puasa.




Harapannya, dari pelaksanaan Pasar Murah itu, harga kebutuhan pokok yang cendrung naik, mendekati Lebaran Idul Fitri dapat dikendalikan. “Kita sudah menyusun jadwal, untuk giat Pasar Murah tersebut. Rencananya, akan kita gelar dari tanggal 21 – 23 Mei 2019,” terang Plt Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam Gindo Simanjuntak SSt MM, belum lama ini.




Dari jadwal yang disusun itu, sebut Gindo, ada Kecamatan yang difokuskan menjadi satu titik atau tempat, serta adapula Kecamatan yang tidak digabung, yang dilaksanakan secara bergantian.




“Khusus Senin (21/5) nanti, kita laksanakan di Kecamatan Pagaralam Selatan dan juga Kecamatan Pagaralam Utara, yang mengambil tempat di eks Kamar Daging Pasar Nendagung, untuk Selasa (22/5) kita gelar di Kecamatan Dempo Selatan dan Rabu (23/5) dilaksanakan di Kecamatan Dempo Utara. Tepatnya, yakni di Dusun Bumi Agung dan Dusun Kerinjing,” seru Gindo.




Mengeni kuota Pasar Muarah tahun 2019 disiapkan, tambah Gindo, yakni Kecamatan Pagaralam Selatan beras 6.000kg = 600 kampil, telur 1.500 karpet dan 2.000 paket sembako murah, Kecamatan Dempo Selatan beras 3.000kg = 300 kampil, telur 800 karpet dan 1.500 paket sembako murah, terakhir di Kecamatan Dempo Utara beras 3.000kg = 300 kampil, telur 700 karpet dan 1.500 paket sembako murah.




“Total kuota keseluruhan antara lain, beras 12 ton = 12.000kg + 1.200 kampil, telur 3.000 karpet dan 5.000 paket sembako murah. Harga komoditas yang dijual ini, jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran, kita juga akan mengandeng produsen dan distributor barang selama Pasar Murah berlangsung,” tegasnya.




Lebih jauh Gindo menambahkan, harga kupon yang diberlakukan untuk mendapatkan sembako, beras dan telur, pihaknya telah menetapkan besaran harganya, yakni untuk harga paket sembako murah itu, dihargai Rp45.000 dengan daftar bahan pokok diperoleh bula pasir, minyak goreng dan gandum.




Sedangkan untuk harga kupon pengambilan telur, dipatok dengan harga Rp35.000 per karpet atau telur 1 karpetnya. Terakhir, untuk kupon harga beras dijual Rp65.000 untuk 10kg beras. “Kita harap keberadaan Pasar Murah ini, dapat membantu meringankan beban warga Pagaralam, untuk memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya Idul Fitri,” harapnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.