Jembatan Gantung Akses Warga dan Siswa Diperbaiki

Foto : Adi/Pagaralam Pos
PERBAIKI : Kepala Desa Padang Tepong Afrizan bersama warga Desa bergotong royong, memperbaiki jembatan gantung yang berada di Desa sebagai akses warga dan siswa menuju ke Sekolah, Kemarin.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Warga Desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi bergotong royong bersama aparat Pemerintah Desa (Pemdes) memperbaiki jembatan gantung yang terletak di hilir lokasi jembatan Ponton, dimana sebelumnya hanyut dibawa oleh luapan sungai musi.




Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang M Taufik menjelaskan, pasca kejadian putus jembatan ponton tersapu oleh luapan sungai musi, Kepala Desa dan BPD Padang Tepong berkoodinasi dengan BPBD Empat Lawang untuk merumuskan solusi supaya aktifitas warga kembali normal. “Memang jembatan ponton tersebut akses bagi warga Desa Padang Tepong dan para siswa kesekolah, berdasarkan hasil koordinasi maka BPBD membantu biaya rehab jembatan gantung untuk akses warga desa,” kata Taufik.




Kendati demikian, sebelumnya kondisi jembatan pontong memang sudah mengalami kerusakan dan belum kunjung diperbaiki sehingga dengan putusnya jembatan ponton maka salah satu alternative jembatan gantung tersebutlah dijadikan alternative.“Pengerjaan perbaikan jembatan gantung dilakukan secara swakelola oleh akses dan warga Desa Padang Tepong supaya para siswa SMAN 1 Ulu Musi dan warga tidak lagi menybrani sungai menggunakan rakit,” jelasnya.




Ditambahkan Taufik, Kepala Bidang (Kabid)s udah turun langsung kelokasi untuk memberikan material sekaligus menyaksikan warga desa Pemerintah Desa yang bergotong royong. “Tadi Kabid Logistik dan Kabid Rekontruksi sudah turun kelapangan,” tambahnya.




Sebelumnya, warga bersama pemerintah desa (Pemdes) setempat dalam hal ini Pemdes Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi, mulai mencari alternatif lain. Hasilnya, warga bersama pemdes setempat, sepakat akan memperbaiki jembatan gantung usang yang membentang di atas Sungai Musi di desa itu secara swadaya. “Alternatif pilihan kami, memperbaiki jembatan gantung yang selama ini tidak terpakai. Nanti insyaallah secara gotong royong akan kami perbaiki lantainya,” ungkap Kepala Desa Padang Tepong Kecamatan Ulu Musi, Afrizan kepada wartawan.




Namun persoalannya, keterbatasan biaya dan material, menjadi kendala tersendiri pihaknya untuk memperbaiki jembatan gantung itu, agar siap digunakan kembali. “Lantainya sudah rusak semua. Kita nunggu kayu papan untuk lantai jembatan itu, asal ada papannya jembatan gantung segera kita perbaiki, paling lama dua atau tiga hari bisa,” katanya.




Jika jembatan gantung itu sudah diperbaiki, kata Afrizan, tentu saja sangat membantu sekali bagi warganya dan para pelajar SMA Negeri 1 Ulu Musi. Sebab, jembatan dapat dilewati sepeda motor, lebih aman dilewati dan yang pastinya lebih dekat ke sekolah. “Mudah-mudahan, jembatan baru segera pengganti jembatan putus kembali dibangun pemda, sebab kebutuhan akan jembatan di Ulu Musi sangat mendesak,” harapnya. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.