Miliki Prospek Cerah, Wako Dorong Petani Tanam Limau

Foto: Pidi/Pagaralam Pos
MAJUKAN PERTANIAN: Wako Alpian mengunjungi kebun jeruk gergah di Dusun Gunung Agung Tengah.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni SH mengatakan budidaya jeruk gergah sangat menjanjikan dan memiliki prospek cerah. Karenanya, ia mendorong agar petani di Pagaralam, untuk menanam jeruk-dalam bahasa Besemah disebut limau.




“Saya ingin meyakinkan para petani di Pagaralam. Bahwa jeruk itu bisa dijadikan alternatif. Jadi, bukan hanya kopi,” ujar Alpian, saat ditemui Pagaralampos.com di sela kunjungannya di kebun jeruk gergah di jalan Dusun Gunung Agung Tengah-Janang, Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara, Selasa (11/6).




Lebih lanjut Alpian menjelaskan, jeruk gergah memiliki banyak kelebihan. Di antaranya dari segi produktivitas buah dan harga. Satu hektar jeruk gergah dapat menghasilkan buah antara 20-30 ton. Bila dibandingkan kopi, produktivitas gergah jauh lebih tinggi.




Sementara soal harga, Alpian melanjutkan, jeruk gergah dapat lebih mahal ketimbang kopi. Maka, dengan dua kelebihan ini ia meyakini, petani akan lebih sejahtera. “Ekonomi masyarakat dapat meningkat,” tuturnya. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply