Dikira “Ketubean”, Sungai Musi Diserbu Warga

Foto : Adi/Pagaralam Pos
SUNGAI MUSI : Kondisi air sungai musi keruh, dikira warga ketubean.

PAGARALAM POS, Empat Lawang – Fenomena tak biasa terjadi di Sungai Musi, air keruh layaknya ketubean (keracunan), namun timbul bercak seperti minyak dan air yang tak menyatu. Tentu saja hal ini membuat warga terkejut, berhamburan keluar dan menuju Sungai Musi. Peristiwa terjadi sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB, bercak itupun seperti terhenti dan sungai kembali normal kembali, namun masih tetap keruh.




Seperti yang dikatakan Rudi, aneh melihat Sungai Musi yang tiba-tiba berubah menjadi keruh serta mempunyai bercak seperti minyak. “Pertama kali terjadi seperti ini, fenomena langkah, biasanya kalau ketubean tidak seperti ini, cuma keruh pekat saja,” katanya.




Melihat kondisi Sungai Musi seperti ini, lanjutnya,warga Kecamatan Tebing Tinggi berbondong bondong mendatangi sungai musi dengan membawa peralatan perangkap ikan “Kalau bae ketubean nian, biasonyo Keruh cak ini banyak ikan teler,” ungkapnya menggunakan logat daerah.




Sementara Itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Empat Lawag Munfazir Ghazali, dikonfirmasi mengatakan, kemungkinan sungai Musi ketubeaan. “Mungkin Itu ketubean,” terangnya.




Pantauan wartawan di lokasi, kejadian keruh bukan ketubean, buktinya tidak ada ikan yang mati, memang banyak warga turun ke sungai, namun usaha mencari ikan sia sia. Tak selayaknya ketubean yang membuat rejeki warga berlimpah. Nah, dari keterangan warga di duga air keruh berbercak itu akibat adanya longsor di hulu Sungai Musi. (07)

You can leave a response, or trackback from your own site.