Beghakap Berjam-jam, Kabel Tanah GI Pagaralam Disambar Petir

Foto: PLN untuk Pagaralam Pos
PERSIAPAN: Petugas teknik PLN ULP Pagaralam melakukan perbaikan jaringan listrik dan evakuasi beban, Selasa malam (9/7).

PAGARALAM POS, Pagaralam – Salahsatu kabel tanah berkekuatan 20 KV di Gardu Induk (GI) Pagaralam disambar petir Selasa (9/7) sekitar pukul 17.30 WIB. Akibatnya, malam itu sebagian wilayah Pagaralam beghakap (gelap gulita) selama berjam-jam.




Pantauan Pagaralam Pos kawasan yang padam pada Selasa malam itu di antaranya di kawasan Simpang Dusun Sandar Angin, Kelurahan Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara. Selanjutnya di Kelurahan Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah. Listrik baru menyala sekitar pukul 23.00 WIB. “Listrik tadi mati pas sebelum magrib,”ujar Tomi (35), salahseorang pelanggan listrik.




Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Pagaralam Achmad Meiledy membenarkan adanya pemadaman listrik di beberapa titik wilayah Pagaralam itu. Achmad menjelaskan, pemadaman lantaran terjadi gangguan terhadap kabel tanah di GI Pagaralam. GI ini berlokasi di Tebing Ayek Kapur Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat.




“Kabel tanah (SKTM) 20 KV di GI breakdown (rusak). Kejadiannya bersamaan dengan terjadinya petir sekitar pukul 17.22 WIB,” ucap Achmad saat dihubungi Pagaralam Pos. Meskipun namanya kabel tanah, namun tak semua bagiannya berada di dalam tanah. “Minimal pangkal dan ujung kabel berada di luar,” ucap Achmad lagi. (11)

You can leave a response, or trackback from your own site.