Tim Gabungan Temukan ‘Jangek Kuning’ Mengandung Borax

Foto: Madhon/Pagaralam Pos

AMBIL SAMPLE: Petugas Labkesda Kota Pagaralam ambil sample panganan dijual pedagang di Pasar Terminal Nendagung.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Tim Gabungan, terdiri dari Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Polres, Sat Pol PP dan Petugas Labkesda Pagaralam, berhasil menemukan panganan ringan jangek kuning mengandung bahan berbahaya berupa Borax.

Pengujian pengawasan makanan dan minuman, petugas Labkesda Kota Pagaralam mengambil sedikitnya 10 sample, seperti tahu, bumbu kuning, kemplang merah, ikan asin basah, cumi asin, cendol/dawet, buah semangka dan jangek kuning.

Dengan menggunakan peralatan uji makanan itu, pengujian sample makanan jangek kuning, petugas Labkesda mendapatkan hasil jika didalam makanan jangek kuning, positif mengandung bahan berbahaya Borax, sedangkan 9 sample makanan lainnya negatif.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam, Dawam SH MM melalui Kabid Perdagangan, Jefri Zulfikar secara tegas akan segera menindaklanjuti adanya temuan makanan mengandung Borax ini. “Pastinya itu harus ada tindaklanjutnya, terutama dari Tim Pengawas Barang dan Jasa dalam bentuk berita acara, berisikan peringatan yang langsung akan diserahkan kepada pihak bersangkutan,” tegasnya.

Apabila dalam jangka waktu sampai dengan 3 kali peringatan tambah Jefri, pihak yang bersangkutan tidak mengindahkan peringatan, maka akan ada tindakan lagi dari Kepolisian maupun Sat Pol PP. “Kita melakukan imbauan dan pembinaan, apabila tetap tidak mau mengikuti, baru akan kita tindak secara tegas,” pungkasnya. (09)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply