Idul Adha di Pagaralam, Kemenag Catat 785 Hewan Qurban

Foto: net
Ilustrasi

PAGARALAM POS, Pagaralam – Mendekati Lebaran Idul Adha tahun 2019 ini, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Pagaralam berhasil mencatat sebanyak 785 ekor hewan qurban, tersebar di 5 Kecamatan dan 35 Kelurahan se-Kota Pagaralam.

“Sementara ini ada sekitar 785 ekor hewan qurban, yang berhasil kita catat, tetapi jumlah itu masih bisa bertambah lagi,” terang Kepala Kankemenag Kota Pagaralam H Win Hartan SAg MPdI melalui Kasi Bimas Islam Yusmanto CA, kemarin.

Adapun rincian jumlah hewan qurban itu, sebut Yumantao, Kecamatan Pagaralam Selatan ada 310 ekor, Kecamatan Pagaralam Utara 295 ekor, Kecamatan Dempo Utara 95 ekor, Kecamatan Dempo Tengah 44 ekor dan Kecamatan Dempo Selatan 41 ekor.

“Data jumlah hewan qurban di Pagaralam tahun 2019, kita peroleh dari Kepala KUA, petugas Penyuluh Agama Non PNS dan Pembantu Penguhubung Urusan Keagaaman dan Desa dan Kelurahan (P2UKD). Sebulan jelang Idul Adha, kita telah minta bantuan informasi ke petugas ini, mengenai masyarakat yang ingin berqurban di wilayah masing-masing,” paparnya.

Meski begitu, tambah Yusmanto, data yang ada sekarang ini, bersifat masih sementara dan masih bakal ada lagi penambahan, seperti di tahun sebelumnya. Kecamatan Pagaralam Selatan dan Kecamatan Pagaralam Utara data hewan qurban masih bisa terus bertambah, sedangkan untuk 3 Dempo stabil-stabil saja.

“Kalau kita perhatikan sejauh ini, minat masyarakat untuk berqurban itu tinggi, dengan melihat kondisi dan situasi ekonomi, bila ekonomi lagi baik dan harga jual hasil kebun tinggi, biasanya melonjak masyarakat yang berkurban, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya. (09)  

You can leave a response, or trackback from your own site.