Belum Terdeteksi Sapi dan Kambing Mengidap Penyakit

Foto: ist/Dinas Pertanian Kota Pagaralam

PERIKSA: Petugas Kesehatan Hewan mengecek kondisi kesehatan hewan ternak yang akan di qurban saat Idul Adha.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Setelah melakukan pendataan, sekaligus pengecekan langsung keberadaan hewan ternak yang akan di qurban saat Idul Adha 1440 H, belum terdeteksi adanya sapi atau kambing yang mengidap penyakit.

Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Gunsono Mekson SE MM melalui Kabid Peternakan, Tugas SP, pihaknya mengklain kondisi hewan ternak sapi atau kambing yang mereka data dalam kondisi sehat. “Belum kita temukan hewan qurban yang mengidap penyakit,” ungkapnya.  

Dalam pengecekan ini lanjut Tugas, langsung dilakukan tim yang melibatkan dokter hewan. Menyambangi sejumlah kandang sapi atau kambing milik peternak dan penjual yang ada di lima kecamatan tersebar di Kota Pagaralam. “Kita cek langsung ke lapangan. Kondisi sapi kita cek kesehatan bersama dengan dokter hewan,” katanya.

Dokter hewan katanya tidak hanya memeriksa kondisi kesehatan hewan qurban, melainkan juga kondisi fisik, apakah hewan tersebut layak atau tidak untuk di qurban. “Ciri-ciri fisiknya kita periksa, semisal kondisi gigi hewan ternak sapi. Paling tidak untuk kambing berusia satu tahun dan sapi atau kerbau berusia lebih dari dua tahun, ditandai dengan keberadaan pertumbuhan giginya,” beber dia. (06)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply