Sapi Qurban Wako Bikin Heboh Warga

Foto: Pidi/Edi/Pagaralam Pos

IBADAH: Wako Alpian menyerahkan 1 ekor sapi berbobot 700kg ke warga Dusun Tegur Wangi Baru, untuk dipotong dalam perayaan Hari Raya Idul Adha.

PAGARALAM POS, Pagaralam – Sapi bewarna hitam kecoklat-cokelatan itu meronta sejadi-jadinya ketika badan dan kakinya dililiti tali. Orang-orang berkerumun untuk menarik sapi ini. Tubuh sapi bobot sekira 700 kg ini pun jatuh berdebam di atas tanah.  

Selanjutnya sapi tersebut ditarik ke tengah halaman. Kepalanya diarahkan ke kiblat shalat. “Semoga qurban dari Walikota Pagaralam Alpian dan keluarga ini diterima Allah SWT,” ujar Aryadi, Ketua RW 01 Dusun Tegur Wangi Baru. Dan prosesi itu dimulai. Leher sapi disembelih. Warga Dusun Tegur Wangi Baru kian ramai saja untuk meyaksikan lebih dekat.

Sapi yang disembelih di Dusun Tegur Wangi Baru, Kelurahan Pagar Wangi Kecamatan Dempo Utara itu memang qurban dari Wako Alpian beserta keluarganya. Karenanya warga Dusun Tegur Wangi Baru tertarik untuk melihat secara langsung. Mereka meriung di dekat masjid Darul Hikmah, di bawah rumah hingga di lapangan. Anak-anak kecil pun tak mau ketinggalan.

Respon warga Dusun Tegur Wangi Baru ini rupanya membuat Alpian merasa surprise. Ia mengatakan tak terbayang respon warga Dusun Tegur Wangi Baru bisa seramai ini. Apalagi sebelum penyembelihan kurban dimulai, penduduk menggelar semacam acara sambutan. “Saya pikir suasananya biasa-biasa saja. Saya tinggal menyaksikan penyembelihan” ujarnya dalam sambutan sebelum penyembelihan kurban dimulai.

Kak Pian mengatakan pada tahun ini dirinya bersama keluarga berqurban di empat tempat, yakni Dusun Tegur Wangi Baru, Ujan Mas, Tegur Wangi Lama dan Tanjung Cermin. “Saya mulai dulu menyerahkan hewan qurban di tempat dulu (waktu kecil) saya sering beghusek (bermain),” ujarnya. Kak Pian memang berasal dari Dusun Tegur Wangi.

Aryadi, Ketua RW 01 Dusun Tegur Wangi Baru, mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih karena Wako Alpian mau berqurban di dusunnya. “Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT,” harapnya. (10/11)

You can leave a response, or trackback from your own site.