Temukan Hewan Tidak Layak Qurban

Foto : Heru Pagaralam Pos
AWASI : Kabid Peternakan drh Astin Tri Saputra, saat melakukan pengawasan hewan qurban

PAGARALAM POS, Lahat – Lima hari jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah/tahun 2019, Bidang Peternakan Dinas Pertanian Lahat, mulai lakukan pengawasan ke sejumlah tempat hewan ternak di wilayah SP 1 sampai SP 5, Kabupaten Lahat.

Kabid Peternakan, drh Astin Tri Saputra mengatakan, dalam pengawasan kali ini, tidak ditemukan adanya hewan ternak dalam kondisi sakit. Hanya ada beberapa hewan ternak jenis sapi tidak layak dijual untuk qurban, karena dibagian telinga dan hidung sobek. “Tidak ada yang sakit, tapi karena ada beberapa kondisi fisiknya yang berlubang, tidak boleh untuk dijadikan qurban,” kata Astin, Selasa (6/8).

Astin mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin berqurban, harus perhatikan betul kondisi kesehatan hewan. Seperti tidak cacat, terlihat bernafsu makan, hidung hewan basah, mata bersinar,  tidak buta,  juga tidak boleh ada bekas lubang tindikan. “Untuk di Lahat, 60% sapi lokal, 40% dari daerah luar seperti Lampung dan Manna, Bengkulu Selatan. Kita akan terus lakukan pemantauan, menghindari adanya hewan sakit yang masuk dari luar,” sampainya. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply