Pelaku Curas Tewas Diamuk Warga

PAGARALAM POS, Musi Rawas – Nasib apes dialami oleh dua warga Desa Lubuk Ngin, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas (Mura) yakni, Roki Saputra (18) dan Leonardo alias Edo (30).

Dimana, Roki terpaksa harus dilumpuhkan dengan timah panas petugas Satreskrim Polres Mura, karena melawan petugas dengan menggunakan senjata tajam saat akan diringkus di kebun sawit di Desa R Rejosari, Kecamatan Purwodadi, sekitar pukul 19.00 WIB, Senin (2/9)‎.

Namun yang lebih malang, temannya, Leonardo alias Edo, karena tewas meregang nyawa lantaran menjadi amukan massa, sebelum petugas datang untuk mengamankannya, sekitar pukul 21.00 WIB, Senin (2/9).

Kedua tersangka ini mengalami hal tersebut, karena telah melakukan aksi pencurian dengan kekerasan (Curas), terhadap Candra Novianto (15) seorang pelajar SMP di Dusun II, Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura. Aksi curas dilakukan tersangka di jalan poros Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura, sekitar pukul 16.30 WIB, Senin (2/9).

Informasi yang didapatkan, kejadian penodongan tersebut diduga dilakukan tersangka ‎dengan cara menghadang sepeda motor yang dikendarai korban. Kemudian tersangka turun sambil mengancam korban menggunakan pisau untuk meminta secara paksa sepeda motor yang dikendarai oleh korban. Usai menjalankan aksinya, s‎elanjutnya tersangka kabur kearah Desa Sukorejo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Mura. Akibat kejadian tersebut, korban kehilangan satu unit s‎epeda motor jenis Honda Revo warna hijau Nopol. BH-5181-PQ, dan apabila dihitung dengan uang senilai Rp 7.000.000.

Kapolres Mura, AKBP Suhendro melalui Kasat Reskrim, AKP Wahyu Setyo Pranoto saat dikonfirmasi membenarkan adanya perkara curas tersebut, Selasa (3/9). “Saat ini, satu tersangka masih dilakukan pendalaman, sedangkan satu tersangka lainnya sudah dikebumikan,” kata Wahyu sapaannya.

Dilanjutkan Wahyu menjelaskan, kedua tersangka diringkus bermula O‎psnal Reskrim Mura mendapat informasi ada dua orang diduga pelaku curas membawa sepeda motor jenis Honda Revo warna hijau masuk ke kebun sawit di Desa Rejosari, Kecamatan Purwodadi.‎

Kemudian ditelusuri team Buser Polres Mura dikebun sawit tersebut dan ditemukan satu unit sepeda motor honda yang di sembunyikan pelaku. Setelah itu dilakukan pengecekan ke Mapolsek Terawas bahwa telah terjadi curas terhadap korban Candra, dengan kerugian satu unit sepeda motor honda revo warna hijau.

Mendapat informasi dari masyarakat bahwa salah satu pelaku sembunyi di pinggir sawah Desa R Rejosari kemudian team buser langsung mengejar dan menangkap pelaku. Pada saat dilakukan penangkapan, pelaku melakukan perlawanan dengan mengunakan sebilah pisau, sehingga diambil tindakan tegas dan terukur, dengan melakukan tembakan ke arah kaki pelaku.

Selanjutnya pelaku dibawa ke RS Muara Beliti untuk pertolongan medis, lalu pelaku beserta barang bukti tersebut di gelandang ke Mapolres Mura, guna dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Kemudian, sekitar pukul 21.00 WIB, pelaku yang kedua yakni, Edo telah tertangkap dan menjadi bulan-bulanan warga yang sudah emosi terhadap pelaku, sehingga mengakibatkan pelaku meninggal dunia ditempat, selanjutnya pelaku langsung di bawa ke RS Siti Aisyah.

“Kami menyita BB diantaranya, sepeda motor honda revo milik korban, s‎epeda motor Yamaha vega milik pelaku, lalu sebilah pisau milik tersangka Roki dan se‎bilah sarung pisau milik tersangka, Edo,” pungkasnya. (mg03)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply