Terdakwa Ganja 1 Kg Divonis 10 Tahun

Foto : Heru/Pagaralam Pos
M Abby Habibbullah

PAGARALAM POS, Lahat – Dua terdakwa kasus kepemilikan ganja 1 Kg, yang ditangkap oleh jajaran Satresnarkoba Polres Lahat, Senin, 20 Mei lalu. Nampaknya tidak bisa lagi menampakkan wajah santai didepan penegak hukum. Pasalnya Rabu sore (4/9), Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lahat memvonis keduanya, masing- masing 10 tahun penjara, denda 800 juta subsider 1 bulan.

Dua terdakwa itu yakni, Febrian Ramadhan (22) warga Perumnas Selawi, Blok A Desa Selawi, Kota Lahat, dan Abi Tri Okinda (18) warga Jl Ki Merogan, Kecamatan SU I Kota Palembang. Keduanya diputuskan Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Lahat, Jimmy Maruli SH MH, bersama Hakim anggota Maharta SH, dan Ahmad Renardhien SH. Terbukti bersalah, melanggar pasal 114 Ayat (1) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU No 35 Tahun 2009, tentang narkotika.

“Vonis ini lebih ringan dari tuntutan kita, 15 tahun penjara. Kedua terdakwa melalui kuasa hukumnya pilih pikir- pikir dulu,” ujar M Abby Habibbullah, selaku Jaksa Penuntut Umum dalam perkara itu, Kamis (5/9).

Dalam fakta persidangan terkuak, bahwa Ferbian Ramahan yang merupakan karyawan salah satu hotel di Kota Lahat, selaku pemilik modal. Sedangkan Abi Tri Okinda berperan membelinya di Kota Palembang, membawa ke Lahat menggunakan Kereta Api, dan mengedarkan ganja 1 Kg itu ke masyarakat Lahat. “Mereka ini bandar besar lo. Kita juga masih pikir- pikir dulu kalau begitu. Saya rasa tuntutan itu cukup adil, untuk kedua terdakwa,” kata Aby.

Terpisah, Ketua Pengadilan Negeri Lahat,  Yoga D A Nugroho SH MH menuturkan, pihaknya bersama penehakan hukum lainnya, dari hulu hingga hilir, telah berkomitmen untuk memberantas narkoba. “Narkoba ini kejahatan extra ordinary. crime. Jadi penuntasanya harus dengan cara luar biasa juga. Bila perlu kejar tindak pidana pencucian uang (TPPU)nya, agar para bandra dan pengedar ini dimiskinkan,” tutur Yoga. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply