Gelar Pelatihan Vocational Tahap 2


Foto: gusti/Pagaralam Pos
KOPI: Komite dan Pengelola BDC Pagaralam bersama provider dan perwakilan Dewan Kopi Sumsel, kemarin (16/9).

PAGARALAM POS, Pagaralam – Guna meningkatkan keterampilan para KSM binaan, dalam hal kualitas produk, pemasaran, juga melahirkan barista baru, kembali Bussines Develompent Center (BDC) Pagaralam menggelar pelatihan vocational lanjutan.

Pada kesempatan pelatihan tahap 2 ini, Ketua Komite BDC Pagaralam, Yenni Asmara didampingi Pengelola BDC, Nisdiarti mengatakan, pada pelatihan ini merupakan tindak lanjut pelatihan vocational tahap pertama yang digelar ditahun lalu.

“Ada tiga pelatihan yang digelar. Diantaranya, pelatihan Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), kemasan produk dan barista (cupping Cofee). Jika tak ada halangan akhir September ini akan digelar dengan melibatkan puluhan KSM kopi dan pelaku industri kecil lainnya,” beber dia disela rapat pertemuan persiapan pelatihan vocational di Sekretariat BDC, Jalan Pagarjaya, Kecamatan Pagaralam Selatan, kemarin (15/9).

Pada kesempatan ini, BDC melibatkan provider serta Dewan Kopi Sumsel. “Harapan dengan adanya pelatihan ini, produk KSM bisa lebih berdaya saing dan mampu mengangkat kopi Pagaralam ke luar daerah,” ujarnya.

Turut hadir, Koordinator Kotaku, Aldi; Rusli selaku konsultan sekaligus provider pelaksana. Ketua Dewan Kopi Sumsel, Ismed diwakili Sekretaris, M Syahrizah, sudah menjadi komitmen pihaknya untuk memajukan komoditi kopi di Sumsel. Dirinya menyambut baik rencana adanya pelatihan kepada KSM kopi yang ada di Pagaralam.

Dia menyebutkan pelatihan ini sangat penting. Semisal PIRT ini nantinya produk KSM bisa memberikan jaminan kehiginiesan produk. Demikian juga pelatihan kemasan bagaimana produk bisa lebih menarik pembeli. “Pelatihan cupping coffe selain melahirkan Barista di Pagaralam juga mengangkat kopi Pagaralam yang memiliki beragam taste yang beragam dengan seduhan,” pungkasnya. (06)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply