Polisi Kejar dan Tembak Pelaku Ranmor Antar Provinsi

Foto : Oyong/Pagaralam Pos
AMANKAN : Tersangka Ranmor antar Provinsi yang berhasil diamankan petugas

PAGARALAM POS, Lubuklinggau – Tiga pencuri sepeda motor dibekuk petugas Polsek Lubuklinggau Barat bak film laga. Polisi terpaksa menembak ke dua pelaku karena hendak kabur saat dilakukan penangkapan.

Ketiga pelaku yang diringkus yakni Wahyu Candra Sutiawan (19) warga Kelurahan Lubuk Tanjung, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dan Januardi alias Buyung (44) warga Apur Kecamatan Sindang Beliti Ulu Kabupaten Rejang Lebong dan Supriyanto (25) Desa Apur Kecamatan Sindang Beliti.

Januardi alias Buyung merupakan pencuri antar Provinsi yang bertugas sebagai eksekusi sepeda motor tersebut, ia harus ditindak tegas dengan ditembak hingga mengenai kaki sebelah kirinya. Sedangkan Supriyanto terkena tembakan dibagian pinggangnya karena keduanya mencoba melarikan dan tidak menggubris tembakan peringatan polisi saat keduanya akan ditangkap.

Saat ini Supriyanto harus menjalani perawatan dirumah sakit di Lubuklinggau, karena luka tembak. Dari keterangan kepolisian Supriyanta dan Buyung merupakan spesialis pencurian sepeda motor antar Provinsi.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono didampingi Kanit Reskrim Polsek Lubuklinggau Barat, Aiptu Faisal mengatakan awalnya pada Selasa (8/10), sekitar pukul sekitar 14.00 WIB. Petugas pertama menangkap Wahyu saat pelaku sedang bekerja sebagai penggali jalan PDAM di Kelurahan Lubuk Tanjung dan dari hasil introgasi pelaku mengakui.

Kemudian dari hasil penangkapan Wahyu dilakukan pengembangan, dan didapat informasi jika Wahyu mencuri bersama dengan Januardi alias Buyung. Petugaspun melakukan penyelidikan keberadaan pelaku Buyung di Desa Apur, dari hasil penyelidikan,petugas mendapat informasi pelaku berada di Provinsi Bengkulu. “Petugas melakukan pengejaran, dan saat akan ditangkap Buyung ternyata bersama Supriyanto menuju arah pulang di Sambi Rejo di curup dengan mengendarai sepeda motor honda beat,” kata Kapolres, Rabu (9/10).

Setelah dicegat terangnya, ternyata Buyung bersama dengan Supriyanto saat itu sedang menggunakan sepeda motor hasil curian. “Keduanya usai pulang menjalanan aksi pencurian motor di Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Setelah itu petugas langsung mengintai, saat akan dicegat tegas Kapolres, pelaku mencoba melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor yang ia gunakan, petugas sudah memberikan tembakan peringatan namun pelaku tidak mengindahkan dan terus melawan mencoba melarikan diri.

Sehingga sambungnya saat aksi kejar-kejaran, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dengan menembak mengarah keduanya dan mengenainya. Keduanya pun berhasil dilumpuhkan dan diringkus. “Kemudian pelaku dibawa rumah sakit guna mendapatkan perawatann intensif,” ungkapnya.

Dari hasil pengecekan petugas tenyata benar sepeda motor yang digunakan pelaku, ternyata sepeda motor hasil curian di provinsi Bengkulu, selanjutnya pelaku Supriyanto akan dilimpahkan ke Polsek Selebar Kota Bengkulu sebab TKP pelaku mencuri di Bengkulu. “Saat ini Barang bukti yang diamanakan dari Supriyanto dan Buyung yakni satu unit sepeda motor Honda Beat tanpa nopol,” jelasnya.

Sedangkan dari pelaku Wahyu dan Buyung petugas mengamankan sepeda motor Yamaha Mio dengan Nopol BG 6561 HN.

Sementara ditambahkan Kapolres, satu rekan Wahyu dan Buyung, yang bertugas mengawasi TKP kini sedang diburu petugas. Dijelaskan Kapolres penangkapan pelaku Wahyu dan Buyung berawal dari kejadian terjadi Sabtu (5/10/2019) sekitar pukul 16.15 WIB. Terjadi tindak pencurian kendaraan bermotor jenis Yamaha kejadian tersebut berawal ketika korban MK (19) sedang bersama dengan temannya sedang mandi di pinggir sungai Keluarahan Kayu Ara Kecmaatan Lubuklinggau Barat I. Namun saat sedang mandi kunci kontak sepeda motor saat itu tertinggal di kendaraan dan korban  saat akan pulang melihat sepeda motornya sudah hilang. “Selain pelaku buyung juga merupakan DPO dalam kasus pencurian bahan pertanian tahun lalu, dua temannya sudah ditangkap,” pungkasnya. (mg03)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply