Petugas Damkar Bakal Dapat Perhatian

Foto : Heru/Pagaralam Pos
PANTAU : Wakil Bupati Lahat, Haryanto, saat memantau petugas Damkar Lahat, Jumat (11/10).

PAGARALAM POS, Lahat – Kemarau panjang melanda Kabupaten Lahat tahun ini, cukup membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan. Pasalnya hampir setiap hari petugas Damkar terlihat mondar-mandir, memadamkan sejumlah lahan dan semak belukar yang terbakar.

Melihat kondisi ini, Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA meminta petugas Damkar bisa terus menjaga kondisi fisik, dan terus semangat. Namun tetap siaga sesuai jadwal piket di posko. Sehingga saat ada informasi kebakaran, bisa langsung sigap. “Petugas juga harus jaga kesehatan, karna kebakaran ini tidak bisa diprediksi bisa saja malam, bisa saja pajar,” ujar Haryanto, Jumat (11/10).

Lanjut Haryanto, kedepan pemerintah daerah akan lebih memperhatikan baik dari peralatan maupun kelengkapan personil Damkar. Terutama akan mengupayakan kesejahteraan personil damkar. Karna tugas Damkar ini bertaruh dengan nyawa. Sesuai mottonya “Pantang Pulang Sebelum Api Padam”. “Kita berjanji akan mengupayakan kesejahteraan personil damkar. Karena tugas Damkar ini taruhanya nyawa,” kata Haryanto.

Semantara, Kepala Dinas Pol PP dan Damkar Lahat, Pauzan Khoiri menerangkan, untuk kelengkapan saat ini dari 24 kecamatan baru ada 7 mobil damkar. Lima unit di posko utama Kota Lahat, satu unit di Kecamatan Tanjung Sakti, dan satu unit di Kecamatan Jarai. Kondisi ini tentunya belum maksimal mengcover beberapa wilayah lainnya di kabupaten Lahat. Seperti di kawasan Kecamatan Kota Agung, dan Kecamatan Kikim Area. “Kedepan kita akan mengusulkan setiap Desa memiliki Pos Pam kebakaran. Termasuk sarana prasaran, seperti selang, pompa air termasuk gerobak agar bisa mobile saat pemadaman,” terang Fauzan. (mg02)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply